Personal Blog's

Penyebab Jembatan Tenggarong Runtuh

jembatan tenggarong
  Penyebab Jembatan Tenggarong Runtuh  karena disebabkan kegagalan konstruksi pada alat penggantung kabel vertikal (sadel dan klem) bagian atas yang menghubungkan dengan kabel utama.Yang mengakibatkan jembatan beserta kabel penggantung vertikalnya jatuh. Korban yang di temukan akibat jembatan runtuh ini adalah 21 orang, kemungkinan korban masih ada.

Jembatan Kartanegara yang diresmikan tahun 2001 setelah lima tahun dibangun pada masa pemerintahan Bupati Kukar, Syaukani Hasan Rais. Jembatan Kartanegara yang membentang di atas sungai Mahakam menghubungkan Tenggarong Seberang dan Kota Tenggarong.

Bahan material yang digunakan Jembatan Tenggarong ini diperoleh dari beberapa perusahaan yang berbeda. Misalnya, kabel utama didatangkan dari perusahaan di Kanada, kabel hanger dari perusahaan di Austria, dan clamp diadakan PT Bakrie Tosanjaya. Sedangkan rangka adalah kontribusi dari Departemen PU seharga Rp11 milliar.

Saksi kunci dalam kasus ini ditemukan tewas kemarin malam. Korban bernama Makmur, Site Manager PT Bukaka Teknik Utama. Saat kejadian, dia bertanggung jawab atas kegiatan perawatan jembatan.

Saat pendongkrakan itu terjadi kesalahan teknis yang berakibat titik keseimbangan jembatan bergeser. Akibatnya fatal. "Saat dilewati kendaraan, jembatan itu langsung roboh."

Penyidik masih memeriksa 17 saksi terkait dengan insiden pada Sabtu, 26 November lalu. Mereka adalah operator perawatan jembatan, para pekerja lapangan, masyarakat, dan petugas yang saat itu berada di lokasi.

Si calon tersangka, kata sumber itu, sedang mendongkrak kabel vertikal yang menghubungkan kabel penggantung dengan permukaan jembatan. Pendongkrakan dilakukan untuk mengembalikan ketinggian jembatan yang turun beberapa tahun terakhir akibat beban kendaraan.
Tag : berita
0 Komentar untuk "Penyebab Jembatan Tenggarong Runtuh"

Back To Top