Personal Blog's

Apasih Paragraf Deduktif dan Induktif itu?

         Di siang hari yang cerah dan begitu panasnya, dan seperti biasa saya lagi asik-asiknya melamun, datanglah seorang guru yang cantik nan anggun sebut saja bu Mei. Ternyata sudah waktunya belajar Bahasa Indonesia, anak-anak pun langsung sibuk memakai dasi karena kalo tidak bisa dikeluarkan dari kelas kalau tidak pakai dasi. Bukan hanya cantik, guru Bahasa Indonesia kami ini sedikit galak,*maaf ya bu :D kali ini beliu menanyakan soal UTS kemarin. Apa ada yang susah atau ada yang tidak mengerti dari soal tersebut.

         Dan dari 35 siswa ada salah seorang siswa yang mengakat tangan, sebut saja Irna. Dia Menanyakan soal Essay no 4. Yaitu tentang kalimat perintah kalo gak salah, soalnya saya masih ngelamun. Dari tadi perasaan ngelamun mulu, ngelamuni apasih ?? saya lagi ngelamunin GA ane tembus 100$/day amin.* Padahal dapet 0,01$/day jg ane dah bersyukur bgt :D

         Pertanyan yang ditanyakan teman saya tadi kurang lebih sudah di jawab oleh bu Mei. Yang jawabannya gak bisa saya tulis di sini. Ok lanjut ke topik utama yaitu Paragraf Deduktuf dan Induktif, Menurut bu Mei Pada UTS kemarin banyak yang salah di soal Membuat Paragraf Dedktif Dan Induktif. Tak habis pikir kataku, masa sudah sekolah tingkat SMK belum mengerti apa itu Paragraf Dedktif Dan Induktif. Padahal aku sendiri belum mengerti, bukannya gak ngerti tapi lupa-lupa ingat sih.

         Menurutku paragraf deduktif itu adalah  paragraf dengan kalimat utama di awal, Kemudian di ikuti oleh kalimat penjelas, sedangkan paragraf Induktif itu adalah kalimat utama terletak di akhir paragraf setelah kalimat-kalimat penjelas. Saya sudah mengeri tentang definisi dari paragraf dedektif sera paragraf induktif itu sendiri tapi, saya dan teman-teman sulit memberikan contoh Paragraf Deduktuf dan Induktif itu sendiri.

         Berikut contoh Paragraf Deduktuf dan Induktif dari hasil googling kesana kemari:

*Contoh Paragraf Deduktif
Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional. Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku.

*Contoh Paragraf Induktif
Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional.

Contoh Paragraf Deduktuf dan Induktif
Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN. 

Sekian artikel "Apasih Paragraf Deduktif dan Induktif itu?", termakasih kepada bu Mei yang dengan sabar mengajar Bahasa Indonesia Ke Kelas XI MM 1 ini. Walau pun ada sebagian anak-anak yang sulit di atur, termasuk saya :p.

Next Article: Free Template DinarBlogs 1 Colomn
Tag : cerita ku
0 Komentar untuk "Apasih Paragraf Deduktif dan Induktif itu?"

Back To Top